14 Tips Agar Rumah Sejuk Tanpa AC

Setiap orang pasti ingin rumahnya adem, sejuk dan tidak panas. Tetapi saat ini mengingat kondisi iklim dan cuaca indonesia yang tropis terkadang banyak pemilik rumah kesulitan untuk mendapatkan kesejukan yang di inginkannya, apalagi dengan adanya pemanasan global (Global warming) suhu udara cenderung meningkat dan semakin panas. Saat ini cara yang paling efektif sering dipakai adalah dengan menggunakan AC (Air conditioning) di ruangan rumah, namun pasti ada keuntungan dan kekurangan saat menggunakan AC.
Keuntunganya adalah ruangan menjadi dingin atau sejuk dan kekuranganya ada dimasalah biaya listrik yang tiap tahunnya naik, harga unit AC mahal, perlu ada perawatan berkala dan tidak sedikit orang yang tidak tahan terhadap AC.
Kali ini pintutorial akan memberikan tips agar rumah anda tetap dingin dan sejuk tanpa pendingin ruangan atau AC.

14 Tips Agar Rumah Sejuk Tanpa AC
  1. Apabila masih dalam tahap perencanaan membangun rumah maka usahakan rumah menghadap ke utara atau selatan.
  2. Buat tembok dan plafon rumah yang cukup tinggi sekitar ±3,2 meter.
  3. Buat ventilasi udara antara atap dan plafon agar udara panas tidak terkonsentrasi di satu tempat.
  4. Jangan gunakan seng / galvalum untuk atap rumah dan bangunlah rumah dengan model tropis dengan ciri khas teritisan/overstek atap genteng supaya tidak langsung terkena sinar matahari.
  5. Buat jendela yang cukup dan sesuaikan posisi jendela dengan arah mata angin.
  6. Agar ventilasi udara tetap lancar jangan terlalu banya sekat atau tembok.
  7. Pasang ventilasi udara alami dirumah berbentuk roster atau GRW Krawangan, buatlah ventilasi silang agar aliran udara tetap lancar.
  8. Buatlah dinding tambahan sebagai secondary skin dari roster beton / krawangan beton.
  9. Tambahkan penghias sekitar rumah seperti bunga-bunga, buatkan kolam ikan atau pancuran sehingga udara panas dan udara kotor dapat terfilter sebelum masuk rumah.
  10. Tanaman hias juga dapat ditaruh didalam rumah, selain berfungsi membuat rumah sejuk, dapat juga memperindah isi rumah (bunga sansevieria / lidah mertua, bambu jepang, palem, peace lily, dll).
  11. Setiap pagi usahakan buka jendela agar udara segar dapat masuk.
  12. Jika rumah sudah jadi dan sulit untuk melakukan perubahan seperti plafon, penambahan jendela atau ventilasi udara maka bisa diatasi dengan memasang exhaust fan di beberapa ruanagan yang dianggap perlu.
  13. Pasang kipas angin besar di plafon ruang tamu, fungsinya untuk membuat sejuk ruangan dan berguna mempercantik dekorasi ruangan.
  14. Kurangi menyalakan lampu dan elektronik seperti komputer dan lain sebagainya karena radiasi dari alat tersebut yang menghasilkan hawa panas. 

Cara membuat rumah sejuk, adem dan tidak panas diatas memang tidak selalu efektif dan ampuh apalagi bila rumah yg kita miliki sudah selesai dibangun dan memiliki keterbatasan seperti tidak adanya pekarangan. Gunakan tips lain seperti tanaman hias dalam rumah, kipas, atau exhaust fan. Semoga bermanfaat.

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »